Review Jurnal #4 : Sistem Cerdas E-niaga B2C untuk Merekayasa Ulang Proses Pemenuhan Pesanan Elektronik (A B2C E-commerce Intelligent System for Re-engineering the E-order Fulfilment Process)

 Dalam dunia digitalisasi saat ini, kebangkitan bisnis e-niaga di seluruh dunia telah membawa perubahan yang luar biasa tidak hanya dalam kebiasaan pembelian kita, tetapi juga secara keseluruhan. industri ritel dan logistik. Mengingat pola kedatangan pesanan e-niaga yang tidak teratur, waktu yang terbatas untuk pemrosesan pesanan di pusat pemenuhan e-pemenuhan, dan jadwal pengiriman yang dijamin ditawarkan oleh pengecer, seperti pengiriman pada hari yang sama atau hari berikutnya setelah melakukan pemesanan, penyedia layanan logistik (LSP) harus sangat efisien dalam menangani pesanan logistik e-niaga yang dialihdayakan.

Proses pemenuhan pesanan pada sistem e-niaga

Perbandingan karakteristik penenuhan pesanan pada sistem tradisional dan sistem e-niaga


    Tanpa rekayasa ulang proses pemenuhan pesanan, LSP mengalami kesulitan dalam menjalankan proses pemenuhan pesanan karena persyaratan penanganan yang ketat dan hambatan, seperti kurangnya mekanisme untuk pra-pemrosesan data pesanan e-niaga dan Inefisiensi penanganan pesanan e-niaga karena kedatangan pesanan yang sering dan tidak pasti. Hal ini, pada gilirannya, menunda proses selanjutnya dalam rantai pasokan, seperti operasi pengiriman jarak jauh, akibatnya mempengaruhi kepuasan pelanggan baik terhadap pengecer maupun LSP. Mengingat kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dalam menangani pesanan e-commerce, penelitian ini bertujuan untuk merekayasa ulang proses pemenuhan pesanan e-commerce di pusat distribusi. Konsep penundaan gudang ditanamkan ke dalam sistem pra-pemrosesan pemenuhan pesanan elektronik berbasis cloud (CEPS) baru, dengan memasukkan pendekatan algoritma genetika (GA) untuk dukungan keputusan pengelompokan pesanan e-niaga dan kesimpulan berbasis aturan mesin untuk menghasilkan pedoman operasi dan menyarankan penggunaan peralatan penanganan yang tepat.

Proses pemenuhan pesanan elektronik menggunakan CEPS :

Arsitektur sistem pra-pemerosesan pemesanan berbasis CEPS :

Data yang disimpan dalam database sistem pemenuhan pesanan berbasis CEPS :


Algoritma dari sistem CEPS :
          
Aturan yang dapat diterapkan dalam algoritma :


    Melalui studi kasus yang dilakukan di perusahaan logistik, CEPS memberikan solusi penanganan pesanan untuk memproses pesanan logistik e-niaga dengan sangat efisien, dengan pengurangan yang signifikan dalam waktu pemrosesan pesanan dan jarak perjalanan. Pada gilirannya, peningkatan efisiensi operasi dalam penanganan pesanan e-niaga memungkinkan LSP untuk lebih selaras secara strategis dengan pengecer online, yang menyediakan pelanggan dengan tanggal pengiriman yang terjamin dan agresif. Hasil dari penerapan rekayasa ulang proses pada studi kasus ini dihasilkan peningkatan kinerja, seperti pengurangan total waktu pemerosesan pemesanan dan pengurangan total jarak perjalanan pengantaran pemesanan pelanggan.

Penengurangan tersebut dapat terlihat dari data berikut:

    Hasil dari penelitian terhadap studi kasus yang didapatkan cara sistematis untuk mengelola sejumlah besar e-order ukuran lot kecil di pusat distribusi, yang merupakan fenomena yang umumnya ada dalam operasi pemenuhan pesanan saat ini. Sementara mekanisme GA dengan dukungan mesin inferensi berbasis aturan yang diusulkan dalam makalah ini secara efektif mengelompokkan e-order untuk pemrosesan batch lebih lanjut, pembuat keputusan masih diharuskan untuk menentukan titik potong secara manual untuk merilis e-order yang dikelompokkan, dalam hal, misalnya, waktu maksimum untuk mengelompokkan e-order, atau jumlah maksimum e-order yang diizinkan untuk dikelompokkan. Disarankan bahwa penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menentukan "kapan harus mengelompokkan" untuk meningkatkan kelayakan sistem pendukung keputusan.


Comments

Popular posts from this blog

About me

About MIS

Review Jurnal #2 : Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen Pengetahuan dalam Sistem Manajemen Terintegrasi untuk Meningkatkan Performa Organisasi dari Perusahaan Konstruksi dalam Manajemen Proyek Konstruksi (Development of Information System and Knowledge Management in Integrated Management System to Improve Organizations Performance of Construction Company in Construction Management Projects)